Banner iklan disini

Pengertian Sejarah



                                                                                                                                                                 Gambar 1.1. Kita harus mengingat sejarah
                Dalam kehidupan sehari-hari sebenarnya kita adalah pelaku dan pembuat sejarah. Sejarah selalu berada dan melingkupi setiap langkah manusia. Coba saja perhatikan pada diri kita masing-masing kita pasti tahu diri kita sendiri, kapan dan dimana kita dilahirkan, dari mana asal usul keluarga kita, siapa ayah ibu kita, siapa kakek dan nenek kita, bagaimana cerita kehidupan keluarga kita, dan seterusnya. Maka dalam hal ini kita sudah membuat dan melakukan sejarah. Perhatikan lagi lingkungan sekitarmu, kenapa ada tempat tertentu yang dianggap keramat? Bagaimana sejarahnya? Mengapa desaku diberi nama ini? Mengapa warga di desa melakukan kebiasaan-kebiasaan seperti ini. Pertanyaan-petanyaan ini merupakan pencerminan dari peristiwa sejarah, sehingga manusia hidup ada dalam lingkaran sejarah. Artikel ini akan membahas tentang konsep ruang dan waktu dalam sejarah serta konsep perubahan dan berkelanjutan dalam sejarah.
PENGERTIAN SEJARAH
Gambar 1.2 : Herodotus Bapak Sejarah Dunia dari Yunani
                Sejarah sering dipahami oleh masyarakat secara umum sebagai sesuatu hal yang berkaitan dengan masa lampau. Apabila orang ingin mengetahui bagaimana kehidupan masa lalunya, maka orang akan membicarakan sejarah kehidupannya. Jika dilihat dari asal katanya, kata sejarah berasal dari bahasa Arab, yaitu Syajaratun, yang berarti pohon kayu. Pohon dalam pengertian ini merupakan suatu simbol, yaitu simbol kehidupan. Di dalam pohon terdapat bagian bagian seperti batang, ranting, daun, akar, dan buah. Bagian-bagian dari pohon itu memiliki hubungan yang sangat terkait dan membentuk pohon tersebut menjadi hidup. Ada dinamika yang bersifat aktif, tidak pasif. Dinamika ini terus menerus terjadi beriringan dengan waktu dan ruang di mana kehidupan itu ada. Dengan adanya lambang pohon itu, dapat menunjukkan adanya suatu pertumbuhan dan perkembangan. Kalau kita kaitkan pengertin syajaratun dengan kehidupan manusia, dapatlah mengandung arti bahwa manusia itu hidup dan akan terus bergerak tumbuh seiring perjalan waktu dan tempat atau ruang tempat dia berada.
                                               
Gambar 1.3 Kata sejarah berasal dari bahasa Arab Syajaratun yang artinya pohon
Selain istilah syajaratun yang berasal dari bahasa Arab, terdapat kata-kata Arab lainnya yang memiliki arti hampir mirip dengan kata syajaratun, seperti silsilah, riwayat, atau hikayat, kisah, dan tarikh. Silsilah menunjuk pada keluarga dan nenek moyang. Riwayat dapat berarti laporan atau cerita tentang kejadian. Hikayat yaitu cerita tentang kehidupan yang menjadikan manusia sebagai objeknya atau diebut biografi. Kata biografi berasal dari kata bios yang artinya hidup dan gravein yang artinya menulis. Jika objek cerita kehidupan manusia adalah diri sendiri, maka disebut autobiografi. Pada saat ini banyak sekali para tokoh yang membuat biografi atau autobiografi dirinya. Para tokoh ini berasal dari berbagai kalangan, baik dari kalangan politisi, pejabat, pengusaha, maupun kalangan lainnya. Mereka menulis biografi atau autobiografi dengan harapan masyarakat dapat mengetahui sepak terjang perjuangan hidupnya.
Contoh biografi
Nama Lengkap: Ir. Joko Widodo; Nama Populer: Jokowi, Tanggal Lahir: 21 Juni 1961; Tempat Lahir: Surakarta(Solo), Jawa Tengah, Indonesia; Agama: Islam ; Hobi: Penikmat musik rock beraliran cerdas ; Riwayat pendidikan: SDN 111 Tirtoyoso Solo, SMPN 1 Solo, SMAN 6 Solo, Fakultas Kehutana UGM Yogyakarta lulusan 1985 ; Riwayat pekerjaan: Pengusaha, Eksportir Mebel, Walikota Solo, Gubernur DKI Jakarta, Presiden RI

                Istilah lain yang sama dengan kata sejarah yaitu history dari bahasa Inggris, geschichte berasal dari bahasa Jerman, dan gechiedenis berasal dari bahasa Belanda.  History berasal dari Yunani kuno, yaitu historia(dibaca istoria). Istilah history pada mulanya bukanlah berarti sejarah dalam pengertian sekarang, tetapi lebih dekat sebagai ilmu pengetahuan atau sains. Dalam perkembangannya, kata historia berarti sesuatu yang telah terjadi. Istilah ini sama dengan kata geschichte, berasal dari kata geschehen, yang berarti terjadi; dan gechiedens, brasal dari kata geschieden, yang berarti terjadi. Kata historia yang berasal dari bahasa latin tersebut masuk dalam bahasa-bahasa eropa lainnya. Misalnya historie atau l’hisrorie dalam bahasa Prancis, history dalam bahasa Inggris, dan istorya dalam Bahasa Rusia.
                Dalam kamus Indonesia-Inggris kata sejarah diterjemahkan history. Kata history mengandung beberapa arti:
a.       Pertama, history merupakan kumpulan peristiwa masa lalu.
b.      Kedua, history merupakan rangkaian peristiwa yang terjadi secara berturut-turut dari masa lalu sampai masa sekarang bahkan sampai masa depan.
c.       Ketiga, history  merupakan suatu catatan atau deskripsi naratif dan peristiwa masa lalu yang berkaitan dengan manusi.
d.      Keempat, history merupakan disiplin ilmu ang mencatat dan mengintegrasikan peristiwa masa lalu yang berkaitan dengan manusia.
e.      Kelima, history merupakan semua yang diingat dari masa lalu dalam bentuk tulisan.
Dari berbagai bahasa tersebut dapat disimpulkan pengertian sejarah yaitu peristiwa yang terjadi padan masa lampau hingga masa sekarang.